Cara Setting OpenCV Android 3.1 di Android Studio

 

Halo semuanya, kali ini saya akan berbagi bagaimana caranya untuk melakukan setting atau konfigurasi OpenCV Android di android studio. Untuk OpenCV sendiri merupakan library Computer Vision yang berlisensi open source, dengan kata lain kita bisa dengan bebas menggunakan dan melakukan distribusi dari library tersebut. Untuk penjelasan lebih detail mengenai opencv silahkan teman-teman mengunjungi website resmi opencv di www.opencv.org . Baiklah langsung saja berikut adalah langkah-langkah yang  harus dilakukan dalam untuk menggunakan OpenCV pada pengembangan aplikasi android.

1.      Download terlebih dahulu library OpenCV android, untuk versi terbaru silahkan mengunjungi halaman resmi opencv di sini, dan untuk versi 3.1 yang saya pakai di tutorial ini bisa di download di sini.

2.      Setelah proses download selesai, silahkan extract file tersebut di directory yang mudah untuk diakses. Untuk contohnya saya extract file tersebut di directory D:\DevelopmentTools\AndroidDevelopment berikut.

3.     Sekarang silahkan buka android studio dan buat new project, untuk langkah-langkahnya silahkan lihat screenshot dibawah ini.

4.       Tunggu beberapa saat sampai proses sinkronisasi project yang dilakukan gradle selesai.

5.       Kemudian klik pada bagian yang sudah saya lingkar kemudian pilih project.

6.       Lalu kil file->new->import module.

7.       Lalu klik browse, atau pada bagian yang saya lingkari. Kemudian cari folder “Java” yang terletak di dalam folder Library Opencv yang sudah kita extract tadi. Untuk ilustrasi bisa lihat gambar di bawah ini.

8.       Setelah itu tekan oke.

9.       Pastikan di bagian module name sudah terisi nama modulnya, jika belum silahkan diisi secara manual. Setelah itu silahkan tekan next, kemudian tekan finish.

10.   Kemudian buka folder library opencv yang tadi sudah diextract kemudian masuk ke directory sdk->native->libs. Kemudian copy semua folder yang terdapat pada directory tersebut. Untu ilsutrasi bisa teman-teman lihat di bawah ini.

11.   Lalu kita kembali ke android studio, kemudian fada directory main tekan klik kanan lalu pilih new->directory.

12.   Kemudian beri nama “jniLibs”.

13.   Setelah itu tekan klik kanan pada folder “jniLibs” tersebut lalu pilih paste. Ingat tadi kita sudah meng copy semua folder yang terdapat pada directory sdk->native->libs. Lalu Tekan Oke, dan  tunggu beberapa saat sampai proses peng-copyan selesai.

14.   Jika proses copy selesai maka di dalam folder “jniLibs” akan terdapat beberapa folder seperti berikut.

15.   Nah, selanjutnya tekan klik kanan pada root directory project atau pada bagian yang saya sudah lingkari, kemudian pilih “Open Module Setting”. Lalu pada jendela yang baru muncul pilih app, lalu pilih dependencies.

16.   Kemudian klik pada icon Plus atau yang saya lingkari, kemudian pilih “module dependency”.

17.   Lalu pilih module yang sudah kita import tadi (pilih module sesuai nama module yang kalian input ketika melakukan import module). Setelah itu tekan oke, lalu tekan oke sekali lagi.

18.   Setelah itu  buka atau klik dua kali pada build.gradle yang berada pada folder library opencv.

19.   Kemudian buka atau klik dua klai pada build.gradle yang berada pada folder app.

20.   Lalu samakan compileSdkVersion, buildToolsVersion, minSdkVersion dan targetSdkVersion pada build.grade(opencv ibrary folder) dengan build.gradle(app folder). Ilustrasinya seperti di bawah ini.

21.   Kemudian buka MainActivity.java,

 lalu masukan kode berikut di bawah method onCreate.

sehingga menjadi seperti dibawah ini:

22.  Oke sekarang kita akan beralih pada handphone yang akan digunakan utuk proses kompilasi. Untuk kompilasi aplikasi saya sarankan menggunakan real device. Nah, sebelum kita bisa menjalankan aplikasi berbasis opencv kita harus terlebih dahulu meng-install OpenCV Manager. Langsung saja buka playstore kemudian download dan install OpenCVManager. Ilustrasi seperti di bawah ini.

23.   Jika sudah, sekaraang sambungkan hp ke komputer dengan kabel usb lalu tekan tombol run di android studio. Di sini saya menggunakan asus zenfone c sebagai contoh device yang digunaka untuk kompilasi/menjalankan aplikasinya.

24.   Kemudian jalankan aplikasi “My Application”(Sebenarnya ketika kompilasi nanti aplikasi akan otomatis berjalan/terbuka sendiri di hp), Jika OpenCV berhasil di load maka akan muncul notifikasi atau toast berisikan kata-kata “Opencv Berhasil DIload”.

25.   Sekarang OpenCV sudah terhubung dengan project android studio kita, maka teman-teman sudah bisa melakukan pengembangan aplikasi berbasis computer vision.

Sekian tutorial untuk kali ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang akan membuat aplikasi berbasis computer vision. Terimaksaih atas kunjungannya.


Bagi yang memerlukan file Project tutorial ini, bisa kalian download di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *